Pola telapak ban

Jenis-jenis Pola Telapak Ban mobil (Tire Pattern)

siclusgarage.com – Hay sobat garage memasuki awal bulan Oktober yang biasanya sudah mulai musim hujan menjadikan ban mobil sobat garage menjadi lebih penting lagi untuk mengarungi musim hujan tersebut. Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang pola telapak ban yang kalau bahasa dilapangannya ada yang bilang kembangan ban, ragi ban, bunga ban dan lain sebagainya atau ada tambahan nama-nama dari sobat garage? hehehe.

Pola telapak ban atau lebih kerennya disebut pattern memiliki tipe yang berbeda-beda di setiap jenis ban mobil, tentunya hal ini di tujukan untuk memenuhi kebutuhan sang pengemudi, nah dari masing-masing tipe pola telapak ban ini akan menentukan karakter dari performa ban tersebut.

Ada 4 jenis pola telapak ban mobil, akan tetapi yang sering kita gunakan atau kita temukan sehari-hari kebanyakan hanya 3 jenis saja, nanti sobat garage bisa cek ban mobil yang dipake oleh sobat garage termasuk tipe pola telapak ban seperti apa. ok kita langsung bahas saja sob.

1. Pola Telapak Ban Standard (Non Directional Pattern)

Pola telapak ban ini memiliki pola telapak yang mirip antara sisi kiri dan kanan dari garis tengah ban dan ada juga yang berkebalikan. Pola telapak ban jenis ini banyak sekali di gunakan oleh pabrikan-pabrikan ban dan pola telapak ban jenis ini memiliki kelebihan yaitu kemudahan dalam rotasi ban, jadi bisa rotasi menyilang depan belakang dan sebagainya selama ukurannya tidak belang ya sob antara depan belakang, kelebihan lainnya adalah mudah saat pemasangan ke pelek, maksudnya mekanik tidak khawatir terbalik pemasangannya mau sisi luar ataupun sisi dalam tetap sama dan karena tidak memiliki tanda “inside/outside dan rotadtion pada sidewall bannya.

pattern
Standard Pattern

2. Pola Telapak Ban Directional (Directional Pattern)

Pola telapak ban ini memiliki pola yang sama persis antara kiri dan kanan dari garis tengah ban, jadi seperti mirror sob, efek cermin. Pola telapak ban ini juga sering di sebut pattern rotasi atau searah. Pada bagian samping ban nya terdapat tanda panah atau menyerupai panah dengan tulisan rotation. Pada saat pemasangan ke pelek juga perlu di perhatikan arah panah/rotation nya jangan sampai ke balik arah nya jadi kebelakang

Keunggulan pola telapak ini adalah sangat baik dalam pembuangan air atau memecah genangan air ketika jalan basah. Kekurangan nya hanya pada ketika waktu ban akan dirotasi hanya bisa di rotasi depan belakang, belakang depan dan tidak bisa menyilang.

Pola telapak
Directional Pattern

3. Pola Telapak Ban Asymmetric (Asymmetric Pattern)

Jenis ini memili bentuk telapak ban yang berbeda antara kanan dan kiri kalau di lihat dari garis tengah ban. jenis ini memiliki tanda dibagian samping ban nya yaitu “outside” untuk sisi bagian luar dan “inside” untuk sisi bagian dalam. Tanda outside/inside ini menentukan bahwa bagian mana yang akan dipasang pada bagian luar atau dalam pelek, ya sudah jelas bahwa outside harus terpasang menghadap bagian luar pelek atau menghadap ke bagian luar mobil, dan inside harus terpasang menghadap bagian dalam pelek atau menghadap ke bagian dalam mobil sobat garage.

Keunggulan pola telapak asymmetric adalah dapat di rotasi seperti halnya ban dengan jenis pola telapak standard, jadi bisa di rotasi depan – belakang ataupun menyilang tanpa membongkar ban dari pelek, selain itu jenis ini juga di tujukan untuk mendapatkan performa yang seimbang ketika ban digunakan di jalan basah dan juga kering, selain itu juga bagian sisi luar/outside di ciptakan untuk meghasilkan kestabilan pada saat menikung/berbelok karena ketika mobil menikung/berbelok titik berat beban mengarah ke bagian luar seolah-olah terlempar kalau bahasa kerennya terjadi gaya centripetal sob jadi yang menahan gaya tersebut adalah bagian luar dari ban/outside.

inside
Asymmetric Pattern

 

Baca Juga : Bagian-Bagian Ban (pneumatic tire)

4. Pola telapak Directional & Asymmetric (Directional & Asymmetrical Pattern)

Jenis pola telapak ini adalah gabungan antara jenis pola telapak Directional dan Asymmetric. satu sisi telapak ban memiliki alur directional dan satu sisinya berbeda atau disebut juga asymmetric. dimana kedua jenis pattern ini memiliki keunngulan masing-masing yang digabungkan, directional pattern sangat bagus dalam kondisi hujan dan asymmetrical pattern memiliki keunggulan bagian outside nya yang menjadikan ban stabil dalam melibas tikungan.

Nah sob ban ini memiliki dua tanda yaitu outside/inside dan rotation. jenis ban dengan pola telapak seperti ini jarang kita temukan untuk mobil harian biasanya ban ini di develop untuk kebutuhan racing atau balapan.

asimetris
Mix pattern asymmetrical & directional

Nah sob jadi silahkan pilih jenis pola telapak yang sobat garage perlukan, semuanya punya kelebihan masing-masing dan tentunya tergantung dari selera sobat garage. (SG)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *