wheel alignment

Mau umur ban maksimal? begini cara melakukan perawatan ban yang benar

siclusgarage.com – Halo sob melakukan perawatan ban sangat lah penting sekali , setelah sebelumnya kita bahas mengenai fungsi utama ban kali ini kita akan membahas tentang bagaimana melakukan perawatan ban.

Baca juga : fungsi utama ban

seperti orang-orang kebanyakan sob ban juga perlu perawatan seperti luluran, makan makanan yang bergizi, massage dll sob, hehehe

Yap betul sekali sob ban yang kita gunakan sehari-hari pastinya mengalami kecapean, kenapa bisa seperti itu! coba bayangkan sob ban itu sebenarnya hanya sebagai salah satu part pendukung pada kendaraan tetapi fungsinya sangat vital, dan posisinya sangat menyedihkan, kenapa menyedihkan karena sudah posisinya paling bawah, menopang beban, kena kotoran bermacam-macam aroma, kena jalan yang berlubang/rusak udah gitu sering di pipisin baik sama kucing, anjing dan tak kalah lagi adalah dipipisin sama yang punya sob. hehehe ketika kepepet biasanya ngumpet deket ban tuh.

Untuk itu supaya ban yang kita gunakan dapat bekerja secara maksimal maka kita perlu untuk melakukan perawatan ban secara berkala sob. apa saja sih yang harus kita lakukan untuk perawatan ban tersebut?

1. Perawatan ban yang pertama adalah Melakukan pemeriksaan angin secara rutin.
Penting nih sob, angin pada ban pneumatic itu merupakan nyawanya sob, karena tanpa dirimu oh angin i’am nothing kata si ban. tanpa angin ban pneumatic tidak bisa berfungsi sob.

kenapa sih kita harus meriksa angin secara rutin?
karena angin pada ban bisa berkurang sob bisa dikarenakan bocor tertusuk, bocor di pentil dan juga angin keluar melalui pori-pori karet pada ban, makanya kalo kita simpen tuh kendaraan di parkir lama kelamaan ban nya akan kempes, betul kan sob.

Berapa sering kita harus memeriksa tekanan angin pada ban?
sebetulnya yang lebih aman kita harus periksa tekanan angin itu sebelum kita melakukan perjalanan sob, tetapi dari informasi yang kami dapat dari berbagai sumber kita minimal memeriksa tekanan angin itu 2 minggu sekali untuk perawatan ban. sesuaikan tekanan angin dengan standard sob tekanan angin standard bisa dilihat di tabel dekat pintu sopir sebelah kanan atau dibalik tutup tangki bensin. yang jelas ada di buku manual kendaraannya sobat semua.

jangan lupa juga sob untuk memeriksa dan memasang kembali tutup pentilnya dan kalo habis memeriksa, menambah atau mengurangi tekanan angin jangan di ludahin sob kasian tuh ban tambah menyedihkan lagi. hehehe

selain itu dianjurkan juga untuk mengisi tekanan angin ban dengan Nitrogen (N2) sob. karena memiliki banyak keuntungan bagi ban, untuk keuntungan N2 kita bahas terpisah saja sob.

cek tenanan angin
perawatan ban : periksa tekanan angin secara berkala

2. Perawatan ban yang kedua adalah melakukan pemeriksaan terhadap kondisi ban
Periksa dengan teliti apakah pada ban yang kita gunakan ada benda asing yang mengganggu perfurma ban kita seperti tertusuk paku dll. jika ada segera lakukan penanganan medis terhadap ban tersebut.

periksa juga apakah ban yang kita gunakan tersebut keausannya rata atau tidak rata, jika terlihat keausannya tidak rata berarti ada gejala pada kaki kaki kendaraan kita segera lah untuk melakukan spooring. dan periksa apakah ban kita masih layak pakai ata sudah gundul? jika sudah gundul segera ganti sob biar aman dan nyaman tentunya.

cek kondisi ban secara berkala
perawatan ban : periksa kondisi ban secara rutin

3. Perawatan ban yang ke tiga adalah melakukan rotasi ban secara rutin
Kenapa harus rotasi? untuk menjadikan ban aus merata sob, dan biar ban-ban tersebut merasakan posisi ban yang satu dan lainnya sob biar adil. hehehe biar umur ban nya maksimal sob, untuk rotasi disarankan 5.000 Km – 10.000 km, untuk cara rotasi nya kita akan bahas terpisah ya sob

pentingnya melakukan rotasi ban
perawatan ban : lakukan rotasi secara rutin

4. Perawatan ban yang ke empat adalah melakukan balancing secara rutin
Supaya ban yang kita gunakan ini tidak menimbulkan getaran berkendarapun menjadi lebih nyaman. disarankan ban di balance setiap 5.000 – 10.000 Km atau berbarengan dengan saat rotasi dan spooring. atau pada saat sudah terasa getaran sob meski belum 5.000 km yah kita harus balance.

balancing roda
perawatan ban : lakukan balancing secara rutin

5. Perawatan ban yang kelima adalah melakukan spooring secara rutin
Spooring sangat penting sekali sob untuk menyelaraskan roda-roda sehingga keausan pada ban menjadi rata menjadikan umur ban lebih panjang, mengemudi lebih stabil lebih nyaman tidak narik ke kiri atau kenanan sperti lagu sob sorong kekiri sorong kekanan lalalalalalala…
Kapan harus di spooring? Setiap 5.000 km – 7.500 km atau ketika sudah terlihat keausan tidak rata pada ban contohnya aus sebelah pada ban, keumudi sudah terasa narik kekiri atau ke kanan sob.

wheel alignment
perawatan ban : lakukan spooring secara rutin

6. Perawatan ban yang keenam adalah mencuci kendaraan secara rutin
Biar bersih dan kinclong sob. hehehehe

perawatan ban
cuci mobil secara rutin sob

selanjutnya hati-hati dalam berkendara sob, ketika melewati jalan yang rusak, berlubang, trotoar jalan jangan dihajar juga hehehe.

Dengan melakukan perawatan ban secara rutin tadi itu bertujuan untuk menjadikan ban dapat bekerja dengan maksimal dan memiliki umur pakai yang lebih lama serta memberikan keamanan dan kenyaman pada saat kita berkenda. (SG)

 

 

 

Email : siclusgarage@gmail.com

Facebook : siclusgarage.com

Instagram : siclusgarageblog

twitter : @siclusgarage

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *