Tanda pada ukuran ban

Bagaimana cara mengetahui Ban jenis radial atau bias? Jangan di sobek!

siclusgarage.com – Hallo sobat garage semua, pada artikel kali ini saya akan coba mebahas bagaimana cara mengetahui ban jenis radial atau bias.

pada artikel sebelumnya di artikel Ada Gak Sih Ban Jenis Semi Radial? kalo yang belum baca silahkan baca dulu sob. pada artikel tersebut kita mebahas mengenai  ban pneumatic jenis radial dan juga bias. yang membedakan antara kedua konstruksi tersebut yaitu radial dan bias adalah susunan benang casing/ply/carcasnya.

Pertanyaannya adalah bagaimana kita bisa tahu kalo ban yang kita gunakan itu jenisnya radial apa bias? sedangkan casing/ply/carcas pada ban berada didalam lapisan karet, masa kita harus belek atau disayat dulu tuh ban ya rusak dong sob.

Tenang sob gak usah khawatir sebetulnya ada cara gampang untuk mengetahui ban yang kita pake itu jenis konstruksinya apa. sebetulnya untuk kedua jenis konstruksi ban tersebut memiliki kode masing-masing yaitu :

  • Radial = kodenya (R)
  • Bias = Kodenya (-)

Simple kan sob, sekarang dimana kita bisa menemukan kode – kode tersebut?. Untuk menemukan kode tersebut sangat mudah sob, kita bisa menemukan kode itu pada ukuran ban yang kita gunakan sebagai contoh ukuran ban sebagai berikut:

  • 185/70 R 14 88S (pada ukuran tersebut ada huruf R setelah 185/70 nah huruf R tersebut menandakan bahwa ban tersebut jenis ban radial, ingat sob R disitu bukan “Rim atau Ring” dan sebagainya karena selama ini banyak orang yang menganggap bahwa R disitu adalah Rim atau Ring velg. jangan salah lagi yo sob).

    Kode konstruksi ban radial
    Kode Jenis Ban Radial
  • 90/80 – 17 41S atau 10.00 – 20 (pada ukuran tersebut ada tanda strip/minus “-” nah tanda strip/minus “-” tersebut menunjukan bahwa ban tersebut adalah ban jenis bias.

    Kode Konstruksi Ban Bias
    Kode Jenis Ban Bias

Simple kan sob, hati-hati loh jangan sampai menyayat atau mengkuliti ban sobat garage semua demi mengetahui ban tersebut konstruksinya bias apa radial. hehehe

kalo ada yang mau comment atau sharing silahkan tulis di kolom komentar sob. terima kasih (SG).

Baca juga sob:

fungsi utama ban

Ada gak sih ban semi radial?

Email : siclusgarage@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *